Jumat, 09 September 2011

Warna Seragam Sepak Bola














Arti Warna Seragam Sepak Bola
Oleh DEDE NURROSYID
Dalam kehidupan sehari-hari kita mengenal bermacam-macam warna seperti putih, biru, merah, kuning, hijau, hitam dan lain-lain. Warna dibedakan berdasarkan pandangan mata, yang menerima pantulan cahaya terhadap benda yang kita lihat.



Warna tertentu memiliki arti tertentu dalam sekelompok orang atau sebuah tim dan mungkin arti tersebut tidak sama dalam kelompok lain. Begitu pula dalam tim sepak bola yang dalam hal ini berkaitan dengan warna seragamnya. Warna telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam sepak bola.



Warna seragam merupakan identitas sebuah tim sepak bola. Namun, arti warna tidak hanya sebatas identitas, tetapi juga pengungkapan diri. Oleh karena itu, desain dan model boleh berinovasi, tetapi warna tetap abadi. Berikut ini arti dari beberapa warna dari sekian banyak warna seragam sepak bola yang ada di dunia.


Putih

Warna putih sering dihubungkan dengan lambang kesucian, kejujuran, dan simbol heroisme. Namun, sebagian orang ada yang mengartikan warna putih sebagai warna kematian, ketakutan dan dingin.



Warna putih menjadi warna yang paling umum dipakai dalam seragam sepak bola sejak sepak bola mulai dimainkan pada pertengahan abad ke-19. Tim sepak bola yang terkenal dengan seragam putihnya antara lain Real Madrid, Leeds United dan tim nasional Amerika Serikat.


Merah
  

Warna merah sering dihubungkan dengan keinginan/hasrat besar untuk selalu menang. Dalam beberapa hasil studi, warna merah diyakini dapat meningkatkan agresivitas dan tekanan darah.



Warna merah merupakan warna kedua terpopuler dalam dunia sepak bola di Britania Raya. Warna merah banyak dipakai dalam seragam tim-tim terkenal dunia seperti Manchester United, Liverpool dan Arsenal. Tim nasional yang memakai seragam berwarna merah antara lain Swiss dan Belgia.


Biru
  

Warna biru menjadi simbol ketenangan, keharmonisan, keteduhan dan loyalitas. Oleh karena itu, warna biru sering diartikan sebagai lawan dari perilaku warna merah.



Popularitas warna biru terbilang cukup tinggi. Warna biru paling disenangi oleh tim-tim sepak bola di Britania Raya. Di Italia, warna biru merupakan warna kedua yang paling disukai. Negara-negara yang memakai warna biru pada seragam tim nasionalnya antara lain Italia dan Perancis. Sementara tim-tim terkenal kelompok The Blues adalah Lazio dan Napoli di Italia, dan Everton dan Chelsea di Inggris.


Oranye
  

Warna oranye melambangkan vitalitas dan harapan, meski sering dipelesetkan sebagai warna merah luntur. Tim nasional Belanda adalah tim sepak bola yang terkenal dengan seragam berwarna oranye.


Kuning
  

Warna kuning merupakan lambang keceriaan, bebas dan optimistis. Pemakai seragam berwarna kuning yang terkenal adalah tim nasional Brasil. Pada tataran klub, warna kuning banyak dipakai di Belanda dan Norwegia.


Hijau
  

Warna hijau menandakan kebanggaan, ketegasan dan kekuatan. Seragam sepak bola berwarna hijau umum dipakai di Afrika. Warna hijau merupakan identitas hebat bagi beberapa tim nasional dari negara-negara seperti Kamerun, Nigeria dan Meksiko.


Ungu
  
Warna ungu menandakan aura kekuatan dan kekuasaan. Secara materi, warna ungu merupakan warna yang mahal untuk diciptakan. Warna ini banyak dipakai oleh kalangan kaya atau kerajaan. Tidak banyak tim sepak bola yang memakai seragam berwarna ungu. Tim yang terkenal dengan warna ungu adalah Fiorentina, yang kini sudah tiada.

***

Penulis

DEDE NURROSYID
Penulis/editor artikel sains dan teknologi
 
 
 

Tidak ada komentar:

Pilihan